Ini Dia Tips Memilih Jurusan di Kampus!

Ini Dia Tips Memilih Jurusan di Kampus!

Memiliki pendidikan yang tinggi merupakan impian sebagian besar masyarakat Indonesia. Bagaimana tidak? Semakin tinggi pendidikan seseorang maka sudah tentu semakin mudah pula mencari pekerjaan. Ilmu pengetahuan dan relasi akan menjadi salah satu daya tarik tersendiri dari pendidikan tinggi yang anda miliki.

Inilah yang membuat kebanyakan siswa berkeinginan untuk melanjutkan pendidikannya ke universitas terbaik di Jakarta atau di kota lainnya seusai lulus dari Sekolah Menengah Atas. Namun, beberapa dari mereka masih bingung mengenai jurusan kuliah apa yang harus mereka ambil. Bahkan, diantaranya memilih jurusan yang tidak sesuai dengan bakat dan minatnya. Sehingga, mereka mengalami penyesalan karena tidak suka dengan segala ilmu pengetahuan yang terdapat di jurusan tersebut.

Oleh karena itu, memilih jurusan di kampus sesuai dengan minat dan bakat merupakan poin tersendiri yang akan membawa Anda pada kesuksesan yang lebih mudah. Sebaliknya, jurusan yang tidak sesuai dengan potensi Anda malah akan membuat Anda malas belajar. Dampaknya tentu saja pada nilai dan pola pikir yang terbentuk. Selain itu, Anda akan lebih sulit mencari pekerjaan karena jurusan tersebut tidak memberikan ilmu yang Anda inginkan.

Lalu bagaimana cara mengenali potensi yang ada dalam diri? Mengenali diri sendiri tentu saja lebih sulit dibandingkan dengan beradaptasi dengan orang lain. Meskipun demikian, bukan berarti hal tersebut menghalangi jalan anda menuju impian. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk membaca tips-tips seputar perkuliahan berikut ini.

Tes Otak Kanan dan Otak Kiri

Jika Anda masih bingung bagaimana cara memilih jurusan di kampus, Anda dapat melakukan tes untuk mengidentifikasi apakah Anda tergolong dalam otak kanan dan kiri. Maksud dari tes ini adalah untuk membuat Anda lebih mengenali hal-hal apa saja yang Anda gemari serta tidak Anda gemari. Jika Anda termasuk dalam otak kiri maka Anda lebih suka hal-hal tentang kebahasaan, kesenian, musik dan lain sebagainya.

Di lain sisi, jika Anda termasuk dalam otak kanan maka Anda tentu lebih menyukai matematika, fisika, kimia dan hal-hal lain yang berhubungan dengan angka. Melalui tes sederhana ini, Anda tentu lebih mudah dalam memilih jurusan perkuliahan apa yang akan Anda ambil.

Berdiskusi dengan Guru Bimbingan Konseling di Sekolah

Bukan rahasia umum bila guru bimbingan konseling di sekolah selalu membuat siapapun takut dan gemetar bila mendengar namanya. Namun, tentu tidak berlaku dalam permasalahan ini. Anda tak perlu risau untuk bertanya mengenai kebimbangan Anda dalam memilih jurusan di kampus. Guru Anda tentu akan merasa senang sebab dapat mengatasi kesulitan siswanya.

Melakukan Survei

Selanjutnya, Anda dapat mengunjungi kampus yang memiliki jurusan yang Anda inginkan. Kemudian, Anda dapat melihat interaksi antara mahasiswa dan kegiatan apa saja yang mereka lakukan. Hal ini akan semakin memperkuat minat Anda akan jurusan tersebut. Selain itu, Anda juga dapat melihat para mahasiswa di jurusan yang lain sebagai pembanding.

Setelah itu, Anda harus memiliki semangat yang tinggi agar dapat diterima sebagai mahasiswa di jurusan yang Anda pilih tersebut. Sebab ada banyak saingan yang ingin mendaftarkan diri di jurusan yang Anda inginkan. Jika sudah menemukan jurusan yang diinginkan, Anda tinggal mencari universitas mana yang akan dimasuki. Caranya bisa melalui website goKampus.com yang memuat berbagai informasi seputar dunia perkuliahan.

Demikianlah informasi mengenai beberapa cara dalam memilih jurusan di kampus yang dapat Anda jadikan referensi seputar dunia perkuliahan.