Kamu Ingin Mencoba Berkebun di Pekarangan Rumah? Ini Dia 5 Tips Yang Harus Kamu Perhatikan!

Kamu Ingin Mencoba Berkebun di Pekarangan Rumah? Ini Dia 5 Tips Yang Harus Kamu Perhatikan!

Berkebun merupakan suatu kegiatan atau hobi yang banyak digemari oleh kalangan orang dewasa tetapi tidak dipungkiri untuk dilakukan oleh anak-anak milenial jaman sekarang. Berkebun saat ini sudah menjadi suatu kegiatan yang dapat dilakukan ketika kita sedang stay at home. Karena berkebun mempunyai manfaat untuk menghilang kebosanan dan kepenatan ketika sedang dirumah saja atau ketika sudah mengerjakan tugas sekolah yang begitu banyak sehingga berkebun bisa menjadi sarana untuk kalian yang ingin refreshing otak.

Dan juga berkebun menurut banyak orang dan penelitian dapat meredakan stress. Selain itu berkebun juga merupakan salah satu budidaya tanaman walaupun dalam skala kecil. Jika kalian berminat ingin melakukan kegiatan berkebun, disini kita akan membahas bagaimana tips berkebun yang baik bagi pemula, Berikut penjelasannya.

1. Pilihlah tanaman yang disukai

Jika kalian baru hendak melakukan kegiatan berkebun mulailah dengan menanam tanaman yang ada disekitar kalian atau tanaman yang menjadi favorite kalian. Tidak usah menanam tanaman yang sukar didapat atau yang tidak kalian sukai, hal ini membuat kalian malah jadi tidak suka untuk berkebun.

Bisa juga kalian menanam tanaman yang sering digunakan ketika memasak atau tanaman yang banyak disukai oleh anggota keluarga kalian  dan pastinya tanaman yang mudah untuk ditanam dan mudah untuk dirawat. Kemudian jika kalian sudah menentukan tanaman yang hendak ditanam, kalian menyiapkan bibit tanaman tersebut, kalian dapat membelinya di toko tanaman atau bisa dengan online. Kalian juga bisa menanam biji yang ada di buah yang kalian makanan atau biji tanaman.

2. Usahakan area disinari dengan cahaya matahari yang cukup

Sesudah kalian menentukan bibit yang akan ditanam, maka yang dilakukan selanjutnya yaitu menentukan tempat atau lokasi untuk berkebun. Disarankan memilih tempat dan lokasi berkebun yang disinari oleh cahaya matahari yang cukup. Cahaya matahari pagi hari sangat bagus bagi tanaman karena tanaman berfotosintesis dibantu dengan adanya sinar matahari. Biasanya tanaman memerlukan sinar matahari kira-kira per harinya 6 jam. Kalian dapat memanfaatkan atap rumah atau rooftop supaya tanaman mendapatkan sinar matahari yang maksimal. Kalian juga dapat memanfaatkan pagar untuk menjadi tempat tanaman.

3. Menentukan media tanam yang digunakan

Kemudian setelah kalian menentukan bibit kemudian menentukan tempat yang terkena sinar matahari yang cukup, yang kalian harus lakukan selanjutnya yaitu menentukan media tanam yang digunakan.

Memilih media tanam yang baik sangat dibutuhkan supaya tanaman yang kalian tanaman akan bertumbuh dengan baik dan menghasilkan banyak buah. Secara umum media tanam yang digunakan oleh beberapa tukang kebun yaitu tanah.

Kalian juga harus menentukan tanah yang digunakan, disarankan memilih tanah yang sudah digemburkan karena itu menjadi salah satu tanaman akan tumbuh baik dan juga pilih tanah yang mengandung nutrisi tinggi. Kalian juga bisa menggunakan metode lain yaitu menanam dengan cara hidroponik yaitu menanam yang tumbuh di air.

4. Instalasi vertikal

Jika kalian tidak mempunyai tempat berkebun yang cukup atau tempat yang ada sempit, kalian dapat memakai instalasi vertikal ini untuk menjadi saran kalian berkebun. Instalasi vertikal merupakan cara berkebun yang memungkinkan menanam tanaman dari atas ke bawah. Kalian dapat membuatnya sendiri di rumah dengan memanfaatkan dinding yang ada di rumah kalian sehingga kalian tidak khawatir lagi jika tidak punya tempat yang cukup untuk berkebun.

5. Kompos

Sesudah kalian menentukan dan mempersiapkan segala hal yang ada diatas yang satu ini merupakan hal penting yang dibutuhkan untuk tanaman kalian yaitu kompos. Jika kalian menghendaki tanaman yang akan kalian tanam bertumbuh dengan baik maka kalian membutuhkan media tanam yang mengandung nutrisi supaya tanaman kalian dapat bertumbuh dengan baik. Kalian dapat menambahkan kompos atau sekam untuk menambahkan nutrisi di dalam media tanam yang kalian gunakan. Kalian bisa membelinya atau membuatnya sendiri dari sampah organik yang dapat diolah dihancurkan di dalam tanah. 

Jika kalian sudah menanam tanaman yang hendak kalian tanam, kalian perlu sekali untuk merawat tanaman tersebut dengan rutin dan menyiramnya setiap hari. Berkebun adalah kegiatan yang membutuhkan kesabaran jika kalian rutin untuk menjaga dan merawat tanaman kalian maka tanaman kalian akan berbuah baik.