Perbedaan Kelinci Hias dan Kelinci Pedaging

Perbedaan Kelinci Hias dan Kelinci Pedaging

Anda menginginkan binatang peliharaan yang menggemaskan? Kelinci seperti kelinci giant adalah salah satu hewan lucu di dunia. Dengan membaca artikel kami, anda akan bisa membedakan antara kelinci hias dan kelinci pedaging.

Sebelum membeli kelinci, tentukan dulu jenis apa yang akan dipelihara. Jenis kelinci hias atau kelinci pedaging. Meski banyak dipelihara sebagai binatang peliharaan, sebenarnya untuk beberapa jenis kelinci ada yang bisa dimanfaatkan daging dan bulunya. Seperti yang ada di Yogyakarta, Malang, di sana bisa menemukan beberapa penjual sate kelinci.

Berbicara tentang jenis kelinci, penamaan untuk kelinci hias dan kelinci pedaging sendiri hanya ada di Indonesia. Di luar negeri hanya ada nama kelinci rex, angora, new Zealand dll. Alasan untuk pemberian nama adalah supaya mudah untuk memilih mana yang cocok dimakan dan mana yang cocok dijadikan binatang peliharaan.

Perbedaan dari kelinci hias dan kelinci pedaging, dapat dilihat dari:

  • Secara Fisik

Biasanya bentuk fisik dari kelinci pedaging lebih besar dibandingkan dengan kelinci hias.

  • Wajah

Tidak diragukan lagi, jika kelinci hias lebih cantik dan anggun dibandingkan dengan kelinci pedaging. Coba bayangkan, jika kalian makan daging kelinci, namun yang dimakan adalah daging kelinci hias, dimana kelinci tersebut lucu, menggemaskan dan memiliki bulu yang indah. Sangat, sayang bukan?

  • Pertumbuhan

Untuk pertumbuhan kelinci hias dan kelinci pedaging berbeda. Dari pertumbuhannya, kelinci pedaging lebih cepat besar dan gemuk daripada kelinci hias.

Pada umumnya, memelihara kelinci pedaging itu memilih jenis jika tumbuh besar, cepat gemuk dan mudah untuk berkembang biak. Sedangkan untuk kelinci hias untuk binatang peliharaan, biasanya dibudidayakan dengan penampilan yang menawan. Kelinci hias lebih menonjolkan bulu indah, tebal dan memiliki postur tubuh yang ideal. Bahkan, untuk indukan kelinci hias banyak yang didatangkan dari luar negeri.

Nah! Itu adalah perbedaan antara kelinci hias dan kelinci pedaging. Kelinci bisa dijadikan binatang peliharaan dan bisa dikonsumsi dagingnya. Semoga artikel yang kami sajikan ini dapat bermanfaat untuk anda yang hendak beternak kelinci!